Menembus Jarak Tanpa Batas ~ Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan ~ Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

DIKLAT SAR SENKOM KOTA BATAM

       

                 SENKOM Kota Batam mengadakan mengelar diklat pengetahuan dasar tentang evakuasi dan penyelamatan atau lebih dikenal dengan Search and Rescue (SAR), di Tanjung Pinggir, Minggu (26/2) pagi.

Bertemakan ‘Peningkatan dan Kemampuan, Peran dan Kemitraan Senkom Mitra Polri untuk menjadi Organisasi Profesional dan Berkarakter’, acara itu digelar di Pantai Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam.

Sekitar 200 personel Senkom dari beberapa Kecamatan, seperti Sei Beduk, Sagulung, Batu Aji, Sekupang dan delegasi lainnya turut menjadi peserta diklat.‎

Bekerjasama dengan Badan SAR Nasional (Basarnas), Dinas Pemadam Kebakaran (DPK), Polresta Barelang, TNI AD dan pihak terkait lainnya. Diklat itu memberikan berbagai materi dan praktek, terkait misi pencarian serta penyelamatan dalam hal kebencanaan.‎

Hadir di lokasi, Kepala Bidang Pencegahan dan Siap Siaga Bencana DPK, Zulkarnain, Kompol Faisal Syahrul (Brimobda Polda Kepri), Kepala Senkom Batam, Edi Sutarto, ‎mewakili TNI AD, Hamid. M. Z, dan jajaran Basarnas Kota Batam.


Dalam diklat itu, juga diterjunkan 3 unit perahu karet milik BNPB, puluhan life jacket (pelampung) dan beberapa unit ring boy (pelampung lingkar)‎.

Saat dikonfirmasi, Edi Sutarto, Kepala Senkom Batam mengatakan, digelarnya diklat itu untuk meningkatkan skill atau kemampuan dasar setiap anggota Senkom dalam hal pencarian dan penyelamatan korban saat terjadi kecelakaan.

“Khususnya jika terjadi kecelakaan laut. Dengan diklat, seluruh anggota diharap memiliki kemampuan dasar dalam pencarian dan penyelamatan korban,” kata Edi.

Kemudian, Zulkarnain menambahkan, diklat tersebut ditujukan tidak hanya untuk meningkatkan skill. Namun juga meningkatkan kewaspadaan, serta memberi pemahaman untuk mampu saling bekerja sama dalam misi penyelamatan‎.

“Ya, jangan hanya skill. Tapi juga mampu menumbuhkan kesadaran untuk mampu bekerjasama dalam misi penyelamatan,” kata Zulkarnain.

Acara itu sendiri, biasa digelar selama 10 hari, dengan tujuan seluruh materi dan praktek diklat mampu dipahami dengan baik. Namun, karena keterbatasan waktu, pihaknya hanya menggelar diklat itu untuk satu hari saja. Harusnya 10 hari, tapi karena waktu tak banyak, makanya dipadatkan saja selama 1 hari.

“Ya, kita harap dengan diklat itu, seluruh anggota Senkom mampu menguasai skill dasar tentang Search and Rescue. Jika ada kecelakaan atau bencana, setidaknya sudah ada basic-nya,” tegas Zul.

“Kita berterima kasih sekali kepada Basarnas, Polresta Barelang, DPK dan seluruh pihak terkait yang ikut membantu. Semoga semua yang disampaikan dapat diterima dengan baik,” tutup Edi.





0 komentar:

Posting Komentar

Sekretariat SENKOM Ruko Tembesi Center Blok A4 No 09 Kota Batam Kepulauan Riau ~ 0778-7054454 Fax.0778-7029700 ~ eMail : senkom.kepri@yahoo.com ~ Menembus Jarak Tanpa Batas ~ Siaga Saat Aman, Ada Saat Dibutuhkan ~ Jadilah Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas ...